PPID RSUD dr Loekmonohadi

PPID Rsud dr Loekmonohadi

5 Cara Mencegah Keriput Agar Kulit Anda Tetap Halus

Oleh : dr. Renni Yuniati, Sp.KK

 
Anda dapat berbohong kepada orang lain mengenai usia Anda dan berpakaian seolah-olah Anda berusia 20 tahun lebih muda, namun jika Anda memiliki kerutan yang melapisi wajah Anda, satu-satunya orang yang Anda bohongi adalah diri Anda sendiri. Kerutan di wajah Anda menjadi cerminan usia Anda yang sebenarnya dan tanpa disadari orang lain sudah tahu dengan usia Anda.

Anda sebenarnya dapat membalikkan penampilan Anda dari garis-garis yang tidak diinginkan dan lekukan pada wajah Anda. Apakah wajah Anda sudah berkeriput? Mencegah keriput dengan tips yang sama dapat membantu Anda seolah-olah Anda berusia 20 tahun lebih muda.

1. Waspadalah Sinar Matahari

Matahari sebenarnya adalah nomor satu penyebab keriput. Jangan sering-sering kontak langsung dengan sinar matahari.  Setidaknya sampai Anda mengoleskan tabir surya dulu sebelum keluar ruangan. Setiap kali Anda kontak langsung dengan sinar matahari dapat membakar kulit Anda sehingga merusak sel dan mempercepat proses penuaan. Kenakan tabir surya setiap hari untuk membantu menjaga kerutan di wajah Anda.

2. Tidur Lebih Banyak

Kurang tidur ini sering dilupakan jika ada begitu banyak pekerjaan yang harus dilakukan setiap hari. Masalahnya, jika tubuh Anda tidak mendapatkan jam istirahat yang cukup bisa mempercepat proses penuaan.

Selama tidur, tubuh Anda akan bekerja untuk meremajakan dan memperbaiki kerusakan sel-sel. Bila Anda kurang tidur, tubuh Anda akan menghasilkan kortisol yang tinggi, yaitu hormon yang sebenarnya memecah kulit menjadi berharga untuk Anda.

Mendapatkan jam tidur yang lebih banyak adalah satu-satunya cara yang mudah untuk mencegah kerutan yang tidak diinginkan. Cobalah untuk tidur selama 8 jam dalam semalam. Tidur telentang juga bagus untuk mencegah keriput.

3. Meningkatkan HGH/Hormon Pertumbuhan

Dengan berjalannya usia, Hormon Pertumbuhan akan mengalami tingkat penurunan di tubuh Anda. Penurunan hormon pertumbuhan ini dapat memberi pengaruh banyak dalam mempercepat proses penuaan yang tidak diinginkan, termasuk wajah penuh kerutan.

Olahraga teratur dapat meningkatkan elastisitas dan mencegah keriput. Terapi Musik Gelombang Otak adalah salah satu cara yang dapat meningkatkan HGH dan mencegah keriput.

4. Berhenti Merokok

Dampak dari kebiasaan merokok yaitu, dapat mendorong pembentukan kerutan.

Dengan tiupan asap setiap merokok, Anda melepaskan enzim yang dapat memecah kolagen dan elastin pada wajah Anda. Rincian dari dua komponen yang sangat penting ini menyebabkan kulit Anda menjadi tipis.

5. Mengkonsumsi Makanan Sehat

 Makanlah makanan yang sehat, terutama buah dan sayuran, hal ini dapat membantu untuk mencegah keriput.

Antioksidan yang terkandung didalamnya dapat membantu memerangi radikal bebas dan racun yang menyerang tubuh dan menyebabkan kerusakan pada kulit Anda. Tidak hanya antioksidan yang dapat mencegah kerusakan lebih lanjut, tetapi antioksidan juga membantu memperbaiki sel-sel yang rusak dengan menggantinya dengan sel-sel yang baru.

Ada banyak makanan yang menghasilkan antioksidan tinggi, seperti blueberry, artichoke, kacang-kacangan, dan cranberry. konsumsi makanan ini untuk membalikkan atau mencegah kerutan kulit Anda.

Updated: Januari 12, 2016 — 08:38

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
PPID RSUD dr Loekmonohadi © 2018 Frontier Theme