PPID RSUD dr Loekmonohadi

PPID Rsud dr Loekmonohadi

Edukasi

EDUKASI PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN INFEKSI

PEGAWAI DI LINGKUNGAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. LOEKMONO HADI KUDUS

 

Health Care Associated Infection (HAI’s) merupakan masalah serius bagi semua sarana pelayanan kesehatan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Menurut data WHO sekitar 3 – 21 % atau rata rata 9 % kejadian infeksi.. Data HAI’s di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Loekmono Hadi Kudus periode 2017 didapatkan ISK 0,21 ‰, phlebitis 2,81 ‰, dekubitus 2,65‰.

Kejadian infeksi ini dapat menghambat proses penyembuhan dan pemulihan pasien, bahkan menimbulkan peningkatan morbiditas , mortalitas, dan memperpanjang lama hari rawat, sehingga biaya meningkat dan akhirnya mutu pelayanan di sarana kesehatan akan menurun. Tak dipungkiri lagi untuk masa yang akan datang dapat timbul tuntutan hukum bagi sarana pelayanan kesehatan.

Fasilitas pelayanan kesehatan selain memberikan pelayanan kuratif dan rehabilitative, juga memberikan pelayanan preventif dan promotif, sehingga kejadian infeksi sehubungan dengan pelayanan kesehatan harus menjadi perhatian bagi seluruh pemberi pelayanan kesehatan dimana saja dan kapan saja pelayanan kesehatan diberikan. Oleh karena itu sudah saatnya semua sarana pelayanan kesehatan dimana saja,kapan saja dan kepada siapa saja pelayanan kesehatan diberikan harus melaksanakan program pencegahan pengendalian infeksi.

Salah satu program dari Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) sehubungan dengan pemberian pelayanan kesehatan adalah pendidikan dan pelatihan PPI. Untuk itu, Rumah Sakit Umum Daerah dr. Loekmono Hadi Kudus, sebagai fasilitas pelayanan kesehatan, akan melaksanakan edukasi PPI kepada seluruh pegawai rumah sakit.

 

TUJUAN KEGIATAN

  1. Tujuan umum

Untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pegawai Rumah Sakit Umum Daerah dr. Loekmono Hadi Kudus tentang upaya pencegahan dan pengendalian infeksi di rumah sakit melalui edukasi PPI secara periodik.

  1. Tujuan khusus
  • Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pegawai Rumah Sakit Umum Daerah dr. Loekmono Hadi Kudus tentang upaya pencegahan dan pengendalian infeksi
  • Meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit melalui pencegahan dan pengendalian infeksi
  • Melindungi sumber daya manusia dan masyarakat dari penyakit infeksi yang berbahaya
  • Menurunkan angka kejadian HAI’s
PPID RSUD dr Loekmonohadi © 2018 Frontier Theme