PPID RSUD dr Loekmonohadi

PPID Rsud dr Loekmonohadi

NYERI PUNGGUNG BAWAH

Oleh : dr. Naela Munawaroh, Sp. KFR

Nyeri Punggung bawah adalah rasa nyeri yang dirasakan seseorang pada punggung bagian bawah. 90% manusia pernah mengalami nyeri punggung selama hidupnya.90% pasien berumur lebih dari 45 tahun dan sedikitnya 50% nya mengalami kekambuhan.

Penyebab nyeri Punggung bawah bisa disebabkan oleh berbagai hal baik mekanis, non mekanis, neurologis, biomekanis dan psikologis, oleh karena itu dalam menangani pasien diperlukan pemeriksaan yang komplek untuk mengetahui penyebabnya. Perjalanan penyakit Nyeri Punggung Bawah terutama berasal dari proses pertambahan usia. Penuaan akan menyebabkan penurunan kekuatan tulang dan kelenturan otot. Terjadi pula proses penipisan bantalan tulang belakang yang mengurangi kelenturan tulang belakang. Hal ini akan mengakibatkan peningkatan “stress” pada tulang punggung. Akibat selanjutnya adalah terjadinya penebalan ligamen, pertumbuhan tulang (osteofit) pada tulang belakang yang dapat menyebabkan penyempitan saluran susunan syaraf (medulla spinalis).

Jika hal ini mengenai susunan syaraf belakang (medulla spinalis) maka akan mengakibatkan rasa nyeri, semutan atau rasa tebal pada punggung bawah hingga kedua tangkai sampai kedua kaki. Kekakuan punggung dan keterbatasan lingkup gerak sendi akan menyebabkan keterbatasan pasien dalam menjalankan aktivitas kehidupan sehari-hari.

Tujuan Penanganan keluhan Nyeri Punggung Bawah di Instalasi Rehabilitasi Medik adalah untuk mengurangi nyeri, meningkatan kelenturan, kekuatan, serta ketahanan otot punggung agar pasien dapat kembali melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari secara normal. Alat-alat modalitas seperti Ultrasound (US), Short Wave Therapy (SWD), Trans Electrical Nerve Stimulation (TENS) dll digunakan untuk mengurangi nyeri. Disamping itu latihan (exercise) seperti peregangan punggung sangat bermanfaat untuk pasien. Edukasi kebiasaan sehari-hari seperti mengurangi membungkuk,  mengajarkan tehnik mengangkat barang berat juga sangat bermanfaat untuk mengurangi nyeri punggung bawah.

Updated: Juli 11, 2017 — 00:37

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
PPID RSUD dr Loekmonohadi © 2018 Frontier Theme