PPID RSUD dr Loekmonohadi

PPID Rsud dr Loekmonohadi

PENANGANAN AWAL SETELAH CIDERA

Oleh : dr. I Gde Adi Widiastana Sp.OT

Dalam menjalankan aktivitas dan pekerjaan sehari-hari tidak jarang kita mengalami cidera. Baik berupa cidera ringan seperti terbentur sesuatu barang sehingga tubuh kita memar, atau bahkan cidera berat seperti jatuh terpeleset, kaki terkilir, cidera saat bermain bola sehingga menyebabkan kaki menjadi bengkak dan nyeri bila dipakai untuk berjalan.

Pada keadaan cidera seperti diatas kebanyakan masyarakat belum mengetahui secara benar penanganan pertama yang terbaik. Bila bagian tubuh kita mengalami memar setelah cidera, bengkak dan nyeri yang perlu diperhatikan adalah ada beberapa hal yang pantang atau dilarang keras untuk dilakukan, yaitu Di Pijat, Di Urut-urut, atau Di Tarik-Tarik. Tindakan tersebut adalah SALAH dan TIDAK BOLEH DILAKUKAN. Pada saat awal cidera di dalam tubuh kita sudah terjadi proses pembengkakan dan perdarahan, sehingga bila dilakukan pemijatan atau di urut-urut bukan menjadi sembuh tapi sebaliknya malah akan menyebabkan bengkak dan perdarahan yang ada jadi semakin berat sehingga semakin bertambah bengkak dan nyeri.

Penanganan awal yang benar sebenarnya cukup sederhana yang dikenal dengan singkatan RICE. RICE terdiri dari :

  1. Rest yang artinya bagian tubuh kita yang cidera harus diistirahatkan, jangan dipakai bekerja lagi untuk sementara.
  2. Ice yang artinya diberikan kompres Es pada daerah yang bengkak, dan bukan di kompres dengan air panas.
  3. Compression yang artinya diberikan pembebatan ringan, yang tujuannya untuk mengurangi pembengkakan.
  4. Elevasi yang artinya bagian tubuh yang mengalami cidera disangga atau diposisikan agak lebih tinggi, misalnya pada kaki yang bengkak pada saat tidur kaki yang bengkak tersebut diberi ganjal bantal.

Setelah dilakukan penanganan awal seperti di atas segera ke dokter untuk dapat dievaluasi lebih lanjut tentang tingkat keparahan cidera yang dialami, apakah cukup diberi tambahan obat atau tindakan pengobatan yang lain agar cidera yang dialami cepat sembuh dan tidak bertambah parah. Setelah mengetahui penangan awal cidera yang benar seperti diatas semoga hal tersebut dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian jika sewaktu-waktu mendapati orang-orang di sekitar kita yang mengalami cidera dan membutuhkan pertolongan kita.

Updated: Mei 23, 2017 — 04:03

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
PPID RSUD dr Loekmonohadi © 2018 Frontier Theme