PPID RSUD dr Loekmonohadi

PPID Rsud dr Loekmonohadi

PENANGANAN NYERI

PENANGANAN NYERI

Apa itu nyeri ??

Oleh : dr. Satya Gunawan, Sp.S

Suatu rasa yang tidak nyaman, baik ringan maupun berat. Atau pengalaman perasaan emosional yang tidak menyenangkan akibat terjadinya kerusakan aktual maupun potensial, atau menggambarkan kondisi terjadinya kerusakan.

Nyeri ringan (skala 1-3) biasanya bisa diatasi dengan mudah, dan pada umumnya akan hilang cukup dengan beristirahat, dan atau terapi fisik atau rehabilitasi tanpa obat. Pada kondisi tertentu, terutama pada nyeri kronik, kadang-kadang walaupun pengobatan sudah maksimal, nyeri ringan masih mungkin dirasakan, bervariasi antara 0-3, yang kembali lagi semestinya bisa diatasi dengan beristirahat, dan atau terapi fisik atau rehabilitasi, relaksasi atau meditasi.

Nyeri sedang apalagi nyeri berat pada umumnya tidak bisa sembuh tanpa obat. Terdapat bermacam-macam obat dan berbagai dosis obat serta cara pemberian obat yang di pakai untuk mengatasi nyeri, baik obat minum maupun obat suntik. World Health Organization (WHO) menetapkan pedoman pengobatan nyeri yang berjenjang agar penderita nyeri dapat terbebaskan dari nyerinya secara optimal, dengan bantuan obat sesedikit mungkin, dan dengan efek samping serendah mungkin.

Pengobatan nyeri bukanlah semata-mata hanya mengobati gejala nyerinya, namun sedapat mungkin mengobati penyebab nyerinya serta gejala ataupun efek penyerta akibat nyeri tersebut (misalnya sulit tidur, cemas, sulit berkonsentrasi, mual dan lain-lain), bila dapat diobati. Tidak semua penyebab nyeri dan gejala ikutannya dapat diobati secara maksimal, baik dengan terapi obat-obatan, rehabilitasi medik, maupun manajemen intervensi nyeri, bahkan operasi sekalipun. Diperlukan kejelian dan kebijakan untuk dapat melakukannya dengan baik dan benar.

Silahkan menghubungi dokter spesialis nyeri anda untuk mendapatkan penanganan nyeri yang tepat dan maksimal.

Salam Sehat

dr. Satya Gunawan Sp.S

Updated: Agustus 2, 2018 — 13:02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PPID RSUD dr Loekmonohadi © 2018 Frontier Theme